Social Icons

Thursday, December 12, 2013

Verb Pattern 3A

Kembali melanjutkan pelajaran Verb Pattern. Ya, sekarang saatnya menambah wawasan kita mengenai Verb Pattern 3A (VP3A). Harus diingat bahwa Verb Pattern 1 - 5 masih tentang Intransitive Verb.

Horby (1976: 30) menjelaskan tentang VP3A dengan menuliskan, "In this pattern the preposition may be followed by a noun, a pronoun or a gerund." Jadi, dalam VP3A ini kata kerja intransitif diikuti preposition (kata depan) dan setelah preposition tersebut bisa berupa noun, pronoun ataupun gerund.

Biasanya, intransitive verb ini selalu berpasangan dengan preposition tertentu, dalam istilah grammar, umumnya gabungan antara Verb intransitive + Preposition disebut phrasal verb.

Untuk lebih jelasnya, lihat tabel berikut :


Catatan 26

Meski dianggap sebagai intransitive verb, namun ketika intransitive verb tersebut digabung dengan preposition maka fungsinya menjadi transitive verb. Artinya, contoh kalimat di atas bisa dipasifkan. Sebagai contoh nomor 10 bisa dipasifkan menjadi A doctor must be sent for.

Catatan 27

Dalam VP3A ini juga bisa menambahkan to infinitive phrase. Lihat contoh di atas.

Yang harus diingat adalah, "kata kerja intransitif di atas biasanya sudah berpasangan dengan kata sambung tertentu". Jadi tidak sembarangan menambahkan kata sambung "Preposition" pada setiap intransitive verb. (Jika masih diberi kesempatan menulis, semoga saja saya bisa membahas tentang Certain Verbs with Prepositon di lain kesempatan) 

Dan semoga tulisan di atas bermanfaat.... 




Hornby, AS. 1976. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd Edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment