Social Icons

Saturday, January 18, 2014

Manfaat (Advantages) the Grammar-Translation Method

 Setelah kemarin membahas ciri-ciri grammar-translation method, kini saatnya mengetahui beberapa manfaat grammar-translation method. Seandainya grammar-translation method tidak memiliki manfaat, pasti tidak ada guru bahasa Inggris yang mau mengajarkan dengan metode pengajaran klasik ini, betul tidak?

Namun nyatanya, di Indonesia sendiri masih banyak guru yang "secara tidak langsung" menggunakan metode kuno ini dalam mengajarkan bahasa Inggris. Apa masih ada manfaat mengajarkan bahasa Inggris dengan metode ini? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita lihat bersama-sama beberapa manfaat dari  grammar-translation method di bawah ini :
  1. When words and phrases are translated into mother tongue, his understanding of those words become very better and quicker. (ketika kata dan frasa diterjemahkan dalam bahasa ibu, pemahaman siswa dalam kata-kata tersebut menjadi lebih baik dan lebih cepat)
  2. The Grammar-Translation Method develops the art of translation. (Grammar-translation method mengembangkan seni penerjemahan)
  3. In this method the child associates foreign words with translated words so strong memory bond is created. (dalam method ini, anak kecil menghubungkan kata-kata asing sehingga ikatan memori yang kuat bisa terbentuk)
  4. The use of mother tongue helps the children in vocabulary getting. It saves time and more effective. (penggunaan bahasa ibu membantu anak-anak mendapatkan kosakata. Hal ini menyingkat waktu dan lebih efektif)
  5. The words and phrase are easily learnt and explained if translation method is used. (kata-kata dan frasa dengan mudah dipelajari dan dijelaskan jika metode penerjemahan digunakan)
  6. The working knowledge of mother tongue helps them to learn grammar of a foreign language. (pengetahuan tentang bahasa ibu yang telah berhasil bisa membantu siswa mempelajari tata bahasa asing)
  7. The principle of "to proceed from known to unknown" is followed. (mengikuti prinsip "meneruskan dari kenal dan tak dikenal")
  8. Through this method we can test the ability of comprehension of our students and we can know the form of understanding the subject matter. (melalui metode ini kita dapat menguji kemampuan pemahaman siswa  dan kita dapat mengetahui bentuk pemahaman materi ajar)
  9. English grammar can be easily taught by comparing with the grammar of mother tongue. (grammar bahasa Inggris dapat diajarkan dengan mudah melalui perbandingan grammar bahasa ibu)
Nah setidaknya kesembilan manfaat grammar-translation method di atas sudah mewakili berbagai manfaat yang mungkin sudah banyak dirasakan oleh beberapa guru bahasa Inggris yang sering menggunakan bahasa ibu (bahasa Indonesia, red) dalam mengajarkan bahasa Inggris. Semoga bermanfaat...

Characteristics of the Grammar-Translation Method

Ada yang butuh catatan mengenai the Grammar-Translation Method? Jika ada, mari kita awali dengan mengetahui karakteristik / ciri-ciri dari grammar-translation method ini. Meski metode pengajaran bahasa Inggris ini dianggap sudah kuno karena masih menggunakan mother tongue language (bahasa Ibu pertiwi) ketika mengajarkan bahasa Inggris, namun keberadaan grammar-translation method masih saja sering digunakan di Indonesia.

Disebutkan dalam beberapa literatur, the grammar-translation method juga dikenal sebagai the classical method dikarenakan metode pembelajaran bahasa Inggris ini dianggap paling pertama kali digunakan di berbagai belahan dunia.

Oke, langsung saja mari kita pelajari bersama-sama beberapa karakteristik grammar-translation method di bawah ini :
  1. The unit of teaching is word, not a sentence. It means vocabulary is taught in the form of isolated words.(Unit pengajarannya berupa kata, bukan kalimat. Hal ini berarti kosakata diajarkan dalam bentuk kata-kata asing)
  2. It considers grammar as a soul of language. (grammar dianggap sebagai jiwa sebuah bahasa)
  3. Grammatical rules of teaching of English are explained into mother tongue. (aturan-aturan grammar dalam pengajaran bahasa Inggris dijelaskan ke dalam bahasa ibu)
  4. This method does not help in development of linguistic competence of learner. (metode ini tidak membantu mengembangkan kompetensi linguistik siswa)
  5. English grammar is taught through rules, translation, definition and comparative study of mother tongue grammar. (grammar bahasa Inggris diajarkan melalui aturan-aturan, penerjemahan, definisi dan studi perbandingan dengan grammar / tata bahasa ibu)
  6. Grammar is taught deductively. (grammar diajarkan secara deduktif)
  7. The main function of language learning, communication is ignored. (demi fungsi utama akan pembelajaran bahasa, komunikasi diabaikan)
  8. Reading and writing are the major focus. (fokus utamanya dalah 'menulis' dan 'membaca'.
Mungkin masih banyak lagi beberapa ciri-ciri grammar-translation method, namun pastinya tidak bisa dijelaskan secara lebih rinci. Setidaknya kedelapan karakteristik grammar-translation diatas sudah mewakili beberapa ciri lain dari metode klasik pengajaran bahasa Inggris ini. Semoga bermanfaat....

Thursday, January 16, 2014

Tujuan Mengajarkan Puisi (The Objectives of Teaching Poetry)

Di sini pernah dipublikasikan Kumpulan puisi bahasa Inggris Langston Hughes, Kumpulan Puisi William Shakespeare, 9 Puisi Cinta Bahasa Inggris pilihan, namun apa sih fungsi dan tujuan puisi-puisi tersebut? Fungsi puisi pasti sangat beragam, tergantung untuk apa puisi tersebut. Dan tujuan puisi pun sama, tidak jauh beda dengan fungsi puisi.

Lalu, pernahkah seorang guru bahasa Inggris mengajarkan puisi? Jika ada pasti seorang guru tersebut memiliki tujuan mengajarkan puisi. Saya yakin bahwa seorang guru tidak mungkin mengajarkan puisi hanya untuk memenuhi kurikulum pengajaran bahasa saja. Seorang guru pasti mempunyai alasan yang sangat mulia dalam mengajarkan puisi. Untuk itu, mari kita ungkap tujuan mengajarkan puisi menurut kajian ilmiah berikut ini :

  1. To enable students to understand and enjoy the poetry. (membuat siswa bisa memahami dan menikmati puisi)
  2. To enable the students to understand the central idea, thoughts of the poetry and beauty of the language.(membuat siswa bisa memahami ide pokok, pikiran utama dari puisi dan keindahan bahasa)
  3. To enable the students to recite the poem with proper beats, stress, intonation, accent and rhythm. (untuk membuat siswa bisa membaca puisi dengan irama, tekanan, intonasi, aksen dan ritme)
  4. To enable the students to imagine and develop their aesthetic sense. (untuk membuat siswa bisa membayangkan dan mengembangkan rasa estetik mereka
 Nah, sudah tahu kan sekarang mengapa guru bahasa Inggris masih memberikan pelajaran tentang puisi? Oleh karena itu, jika benar tujuan pengajaran puisi yang diajarkan oleh guru kita sesuai dengan keterangan di atas, maka kita harus dengan tunduk dan patuh untuk serius mempelajari puisi. Jika tidak, ada beberapa ilmu sastra bahasa, khususnya sastra Inggris yang telah kita lewatkan...

Wednesday, January 15, 2014

Kumpulan Kosakata Aktifitas Sehari-hari Bahasa Inggris

Adakah Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris tentang Kegiatan / aktifitas sehari-hari? Jawabannya pasti banyak karena di sini menyediakan kosakata bahasa Inggris kegiatan sehari-hari dan terjemahan (artinya) ke dalam bahasa Indonesia.

Kegiatan / aktifitas sehari-hari dalam bahasa Inggris disebut daily activities / daily routines pasti sangat berguna untuk menceritakan tentang kegiatan kita sehari-hari dalam bahasa Inggris. Jika kita tidak mempunyai kosakata bahasa Inggris yang cukup, alangkah baiknya jika kita mencoba memperkaya / menambah kosakata bahasa Inggris (vocabulary) kita dengan melakukan cara sederhana menambah kosakata bahasa Inggris (baca: 7 cara memperkaya kosakata bahasa Inggris)

Lalu, apa sajakah kosakata aktifitas sehari-hari itu? Pasti jawabannya sangat relatif karena setiap orang sudah barang tentu memiliki perbedaan latar belakang sehingga kegiatan sehari-hari dari berbagai manusia bisa sangat bermacam-macam. Untuk itu, di sini saya hanya memberikan beberapa kosakata bahasa Inggris yang sering dikerjakan oleh orang luar negeri, baik itu kosakata "yang" benar-benar di lakukan sehari-hari di dalam rumah, di saat kerja, kegiatan rutin mingguan dan bahkan kegiatan rutin lainnya.

Contoh Teks Daily Activities (kegiatan sehari-hari di rumah)

What are some of the daily activities that you do at home?
(Apa kegiatan sehari-hari yang sering anda lakukan di rumah?)
 
I wake up at 7am every morning.  I press the snooze button five times every morning before I turn off the alarm and get up. I have a cup of coffee and make breakfast. I usually read the newspaper while I have breakfast. My children like to have a shower after they have breakfast but I like to have a shower before I get dressed.  My wife brushes her long hair, and I have short hair so I comb my hair.

It is important to brush your teeth, and some women like to put make-up on.   After I have finished work, I go home to cook dinner. In my house I usually make dinner. The family eat dinner together at 7:30pm.
After dinner I make sure that my children do their homework, and then I watch television.  On television I usually watch the News. My wife usually comes to tell me to take the rubbish out, or wash the dishes.  Our children feed the dog and the cat before they go to bed and I tell them to go to the bathroom too. If I am sick I have to take my medication, but then I get into my pyjamas and set the alarm so I wake up in the morning. The last things I do is lock the door, turn off the lights, and go to bed.

Vocabulary :

Wake up : bangun tidur
Press the snooze botton: tekan tombol snooze (tidur sebentar)
Turn off the alarm : mematikan alarm
Get up : bangun (dari tempat tidur)
Have a cup of coffee : menikmati kopi
Make breakfast : membuat sarapan pagi
Read the newspaper : membaca koran
Have breakfast : sarapan pagi
Have a shower : mandi
Get dressed : berpakaian
Brush one's hair : keramas
Comb one's hair : menyisir rambut
Brush one's teeth : menggosok gigi
Put make-up on : berias, dandan
Go home : pulang
Cook dinner : memasak makan malam
Make dinner : makan malam
Do one's homework : mengerjakan PR
Watch Television : menonton TV
Watch the News : nonton berita
Take the rubbish out : membuang sampah
Wash the dishes : mencuci piring (kotor)
Feed the dog and cat : memberi makan anjing dan kucing
Go to bed : (Siap-siap) tidur
Go to the bathroom : Pergi ke kamar mandi
Take one's medication : Minum obat
Get into one's pyjamas : memakai baju tidur
Set the alarm : mengatur waktu alarm
Lock the door : mengunci pintu
Turn off the lights : mematikan lampu

 

Contoh Teks Daily Activities (Kegiatan Sehari-hari di Tempat Kerja)

What are some daily activities that you do at work?

I go to work at 8.45am every morning. I usually drive to work. I always check my emails when I get to work, but I don't always reply to them immediately.  I take a taxi or a train if I have a lunch meeting. I never take the bus because it is too slow. When I am at my desk I usually work on the computer, even during morning tea. At 1pm most days I have lunch. At 3pm we have afternoon tea, and that is when we usually talk and eat cake.

When you are in the office you probably have a lot of papers. It is important for you to file your papers, and so that you can find them again you need to organise your files. When I work I have to make telephone calls. If an important issue happens I ask my secretary to organise a meeting. Once a month I report to my boss, but maybe you have to report to your boss more often. I usually write a document that my boss can read.

Vocabulary

go to work : pergi bekerja
drive to work : mengendarai (mobil) ke tempat kerja
check one's email : memeriksa email (surat elektronik)
reply : menjawab
take a taxi : naik taksi
take a train : naik kereta api
lunch meeting : pertemuan di siang hari
take the bus : naik bis
work on the computer : "komputeran"
morning tea : waktu istirahat pagi (untuk sekedar minum kopi.)
have lunch : makan siang
afternoon tea : waktu istirahat sore
file one's paper : menyimpan arsip
organize one's files : menata arsip-arsip
make telephone calls : menelepon
organize a meeting : mengatur pertemuan
report to one's boss : melaporkan pada pimpinan
write a document : menulis dokumen

Contoh Teks Daily Activities (Kegiatan Sehari-hari Lainnya)

What are some other daily activities that you do?

I exercise at least three times a week. I usually go to the gym before work, but sometimes I go after work.
I meditate every morning so that I feel less stressed during the day.

Vocabulary

Exercise : berolah raga
Meditate : meditasi

Contoh Teks Weekly Activities (Aktifitas / Kegiatan Mingguan)

What are some weekly activities that you do?

I go grocery shopping once a week at the local supermarket.  My family does the housework together every Saturday morning. I usually do the washing on Sunday morning and when the machine is finished I hang the clothes out to dry.

On Sunday morning we go to church, and if there is lots of noise coming from next door, sometimes we fight with the neighbour.

On Saturday night my parents stay at home and I go out with friends.
Even my friends that live at home call their parents each week.

Every evening, I water the garden.

I usually pay someone to wash the car, but my partner says I should do it, so sometimes I argue with my partner about that.

If we are angry at the neighbour, we seek vengeance by annoying his dogs. 

I work in an important office, so I have to shine my shoes each day.

Sometimes we hire a movie, because we don't like to illegally download music and films. I make sure that I synchronise my iPod so I always have new music on it.

To get our shopping, we go to the mall in the car.

Last week I forgot to recharge my travel card, and I had to argue with a bus driver. I couldn't call the office because I forgot to recharge my cellphone!

Vocabulary 

Go grocery shopping : pergi belanja (di toko grosir)
Do the housework : melakukan aktifitas rumah
Do the washing :mencuci pakaian
Hang the clothes out : menjemur pakaian
Go to church : pergi ke gereja
Fight with the neighbor : bertengkar dengan tetangga
Stay at home : tetap di rumah
Go out with friends :pergi bersama teman-teman
Call one's parents :menelepon orangtua
Water the garden : menyiram kebun
Wash the car :mencuci mobil
Argue with one's partner :berdebat dengan rekan kerja
Seek vengeance :balas dendam
Shine one's shoes : menyemir sepatu
Hire a movie :menyewa film
Illegally download music and films : mengunduh musik dan film secara ilegal
Synchronize one's iPod :Mensikronisasikan iPod
Go to the mall : pergi ke Mall
Recharge one's travel card : mengisi tiket perjalanan
Argue with a bus driver :berurusan dengan supir bis
Recharge one's cell phone : mengisi pulsa

Monday, January 13, 2014

Daftar Adjective Berawalan Huruf A

Berikut adalah daftar Adjective (kata sifat), tentu berbahasa Inggris, yang berawalan huruf A. Tidak lupa pula kumpulan adjective ini disertai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Kumpulan adjective ini dimaksudkan untuk menambah kemampuan kita dalam pemahaman grammar bahasa Inggris. Khususnya memahami adjective (kata sifat), untuk itu silahkan baca kumpulan tulisan mengenai adjective di Adjective (Kata Sifat) Bahasa Inggris sebelum mengetahui daftar adjective berawalan huruf A ini.

Setelah sudah membaca beberapa keterangan mengenai adjective, oke langsung saja baca daftar adjective berawalan huruf A dan terjemahannya di bawah ini :

  • Abandoned : yang ditinggalkan, yang dibuang
  • Abashed : malu, bingung
  • Abdominal : yang berhubungan dengan perut
  • Abeam : yang ditengah-tengah rusuk
  • Aberrant : yang menyimpang dari kebiasaan
  • Ablaze : terbakar, berkobar,
  • Able : mampu, bisa
  • Abhorrent : menjijikkan
  • Abiding : kekal, tak kunjung hilang
  • Abject : hina, rendahan
  • Abnormal : aneh, tidak normal
  • Aboard : di atas, di dalam, naik
  • Abominable : buruk sekali
  • Aboriginal : asli pribumi
  • Abortive : gagal
  • Abounding : yang memenuhi
  • Above : di atas
  • Abrasive : kasar, kesat
  • Abrupt : kasar, tak terduga, curam, terjal
  • Absent : absen, tidak hadir, mangkir
  • Absolute : mutlak, penuh, sepenuhnya
  • Abstract : abstrak
  • Absurd : mustahil, tak masuk akal, menggelikan
  • Abundant : berlebih-lebihan, berlimpah ruah
  • Abusive : kasar, kejam
  • Acceptable : pantas, cocok, dapat diterima
  • Accessible : dapat diperoleh, dapat diakses, dapat dicapat, mudah didatangi dll.
  • Accidental : kebetulan
  • Accurate : akurat
  • Accused : yang terdakwa, tertuduh
  • achy : sakit, tidak enak badan
  • Acoustic : akustik
  • Acrid : tajam
  • Active : aktif
  • Actual : aktual
  • Acute : akut, hangant, genting, gawat, halum, tajam, teliti
  • Adamant : tidak berubah
  • Adaptable : dapat beradaptasi, menyesuaikan diri
  • Addictive : menyebabkan kecanduan, kecanduan
  • Adherent : yang menganut
  • Adhesive : pelekat
  • Ad-hoc : khusus untuk satu tujuan
  • Adjoining : ditengahnya, diantaranya
  • Admirable : mengagumkan, dapat dikagumi
  • Adorable : manis sekali, menawan hati
  • Advanced : maju, terdepan, lanjutan
  • Adventurous : sangat berani, bersifat petualang
  • Adverse : merugikan, bermusuhan, tidak cocok, berlawanan
  • Affable : ramah tamah, baik hati, sopan
  • Affectionate : mengharukan, penuh kasih sayang
  • Affordable : dapat menghasilkan
  • Afraid : takut
  • Aged : orang sudah berumur, jompo
  • Ageless : awet muda
  • Aggressive : agresif
  • Agile : cerdas, tangkas, cerdik
  • aging : sudah lanjut usia, menjadi tua
  • Agonizing : menderita sekali
  • Agnostic : agnotis
  • Agreeable : dapat disetujui
  • Airborne : naik di udara
  • Airy : berangin
  • Alcoholic : beralkohol
  • Alert : waspada
  • Alike : sama
  • Alive : hidup
  • Alleged : yang dinyatakan sebagai, yang diduga keras sebagai
  • Alluring : yang memikat, yang menarik
  • Aloof : jauh
  • Alternative : alternatif, pilihan lain, jalan lain
  • Altruistic : altruistik
  • Amateur : amatir
  • Amazing : mengagumkan
  • Amber : berwarna kuning sawo
  • Ambiguous : rancu, berarti dua, ambigu
  • Ambitious : ambisius
  • Ambivalent : berperasaan yang bertentangan
  • Ambulatory : dapat berjalan
  • American : orang amerika
  • Amiable : ramah
  • Amicable : baik hati, ramah tamah
  • Amorous : bersifat cinta kasih
  • Ample : banyak, luas
  • Amusing : menghibur
  • Anatomical : anatomis
  • Ancient : kuno
  • Angelic : bersifat seperti malaikat
  • Angry : marah
  • Animated : beranimasi, yang mengasyikkan
  • animating : yang hidup, bernyawa
  • Annoying : yang menjengkelkan, mengganggu
  • antagonistic : bermusuhan, berlawanan
  • Anterior : depan, lebih dahulu
  • Anticipatory : yang bersifat lebih dahulu
  • Antique : antik
  • Anxious : khawatir, cemas
  • Apathetic : apatis, tidak menghiraukan
  • Appalling : mengejutkan, menggemparkan, mengerikan
  • Appealing : menarik
  • Appetizing : yang merangsang selera
  • Applicable : dapat dipakai
  • Appreciative : senang, menghargai
  • Approachable : dapat didatangi, mudah didapatkan
  • Appropriate : tepat, cocok, pantas
  • Apt : tepat, cocok, tangkas, cerdas
  • Aquatic : yang berhubungan dengan air
  • Arbitrary : sewenang-wenang
  • Arched : melengkung
  • Ardent : sangat rajin
  • Arduous : sukar, sulit
  • Argentinean : Orang Argentina
  • Argumentative : suka mendebat, suka menentang
  • Arid : gersang, membosankan
  • Aromatic : berbau sedap, harum
  • Arrogant : congkak, sombong, angkuh
  • Artificial : buatan
  • Artistic : artistik, penuh kesenian
  • Ashamed : malu
  • Asian : orang Asia
  • Aspiring : bercita-cita
  • Assertive : tegas
  • Assorted : bermacam-macam
  • Assuming : yang menganggap
  • Assured : terjamin
  • Asthmatic : berpenyakit asma
  • Astonishing : mengherankan
  • Astounding : sangat terkejut
  • Astrological : berhubungan dengan ilmu perbintangan
  • Astronomical : yang berhubungan dengan ilmu astronomi
  • Astute : lihai, cerdik
  • Athletic : atletis, berhubungan dengan keolahragaan
  • Atomic : yang berhubungan dengan atom
  • Atrocious : tidak sopan, kasar
  • Attentive : penuh perhatian
  • Attractive : menarik, molek, cantik
  • Auburn : pirang
  • Audible : kedengaran, dapat didengar
  • Auspicious : menguntungkan
  • Austere : keras, cermat, tegang
  • Australian : orang australia
  • Austrian : orang Austria
  • Authentic : otentik, asli
  • Authoritative : berwenang
  • Autocratic : bersifat otokrasi
  • Automatic : otomatis
  • Available : tersedia
  • Average : rata-rata
  • Avid : gemar, ingin sekali
  • Aware : tahu, sadar akan
  • Awesome : mengagumkan
  • Awful : mengerikan, dahsyat
  • Awkward : aneh, janggal
  • Awry : serba salah
  • Axiomatic : aksiomatis, jelas kebenarannya
Mungkin masih ada adjective (kata sifat) yang berawalan huruf A lainnya? Silahkan tambahkan lagi. Jika ada kesalahan dalam penerjemahan (harfiah) adjective / kata sifat bahasa Inggris di atas, mohon dikoreksi demi kebaikan kita semua :)

Sunday, January 12, 2014

Manfaat Mengajarkan Narrative Text

Adakah manfaat mengajarkan narrative text? - Setelah sebelumnya kita telah membahas penjelasan dan contoh narrative text, kini saatnya kita mengetahui beberapa manfaat yang bisa kita ambil saat belajar narrative text.

Bagi seorang guru, manfaat sebuah pelajaran yang bisa diambil oleh siswa adalah hal yang paling utama, bukankah demikian? Seorang guru bukanlah orang yang hanya menginginkan siswanya mendapatkan nilai tinggi saat ujian / tes saja, ia punya tujuan utama, yaitu mengambil manfaat dari pelajaran yang ia ajarkan.

Dan berikut beberapa manfaat yang bisa siswa dapatkan ketika mempelajari narrative text :

Memahami "Setting"

Dalam setiap narrative text, karena pasti berbentuk sebuah cerita, setting menunjukkan siswa di mana dan kapan cerita narrative ini terjadi. Siswa bisa memahami perbedaan antara tempat satu dan lainnya. Siswa juga harusnya bisa membedakan tempat dan waktu antara cerita satu dengan cerita lainnya.

Memahami "Character"

Sebuah cerita pasti memiliki pemeran utama, baik itu sebagai karakter protagonis ataupun antagonis. Siswa bisa mengenali karakter mereka masing-masing. Siswa seharusnya bisa membedakan mana karakter mana yang tidak pantas ditiru, dan mana karakter yang patut dicontoh. Jika siswa belum bisa membedakan kedua karakter ini, maka bisa dikatakan narrative text yang diajarkan oleh guru belum sepenuhnya bermanfaat.

Personalizing

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa narrative text bisa membantu orang dapat mengendalikan situasi yang sedang ia alami. Karena biasanya ada saja cerita-cerita dalam narrative text tersebut berhubungan dengan cerita yang mereka alami. Selain itu, narrative text juga bisa membuat siswa dapat berpikir lebih logis dalam mengendalikan waktu mereka. Permulaan cerita, tengah cerita, dan akhir cerita harusnya menjadi pertimbangan siswa dalam menempuh hidupnya lebih lanjut.

Setidaknya ketiga manfaat narrative text tersebut bisa membuat kita tetap ingat bahwa tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Ada hal-hal atau masalah yang 'mungkin' tidak terduga yang bisa kita pahami dan kita selesaikan. 

Mungkin masih banyak lagi manfaat narrative text, untuk para siswa dan guru, bolehlah sekiranya memberikan opini...