Social Icons

Wednesday, June 19, 2013

Noun Pattern 1A – NP1A

Noun pattern 1A, apa lagi tuh? NP1A singkatannya yah? hehehe Ya.. seperti pernah saya tuliskan terdahulu (baca: Noun Pattern – Pendahuluan) bahwa saya akan membagikan referensi Bahasa Inggris tentang noun yang lebih detail. Karena ini adalah lanjutan dari pembahasan tersebut, maka jangan heran jika saya menggunakan referensi yang sama yaitu Guide to Patterns and Usage in English 2nd edition, karya A.S Hornby, penulis kamus Concise Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Meski pembahasan tentang noun ini sudah sangat banyak sekali, lihat:  jenis-jenis noun, fungsi-fungsi noun, daftar regular dan irregular plural noun, hingga noun as modifier (adjective) di sebelah kanan kolom Grammar Rooms blog ini, namun materi tersebut lebih ringan dipahami dari pada materi tentang noun pattern ini.
Oke langsung saja, noun pattern 1A (lebih singkatnya NP1A) ini dicontohkan oleh Hornby dengan menuliskan kalimat, “Another attempt to climb Mount Everest was made in the following year.” Nah, kata yang bercetak tebal adalah noun headnya (kata benda utama) sedangkan kata yang bercetak miring adalah modifier (penjelas) dari noun tersebut. Hornby (1976:113) menjelaskan:

“In this pattern a to-infinitive is used as an adjunct to a noun. The noun is identical with the verb that can be used with a to-infinitive or a gerund that corresponds to a to-infinitive.”

Dalam pola NP1A ini, to-infinitive digunakan sebagai penjelas (adjunct/modifier) dari noun. Noun disini identik dengan kata kerja (verb) yang diikuti dengan to-infinitive ataupun dengan gerund yang berhubungan dengan to-infinitive.

Maksudnya, noun yang diikuti dengan to-infinitive ini adalah bentuk noun yang berubah (derived) dari kata kerja yang diikuti dengan to-infinitive.

Contoh:

Kata kerja “Decide” diubah menjadi noun “Decision” , maka noun “Decision” tersebut bisa diikuti to-infinitive sebagai penjelasnya.

Untuk melihat kata kerja (verb) yang diikuti dengan to-infinitive silahkan baca postingan yang diadaptasi dari penjelasan Betty S. Azar ini: Lists of Verbs Followed by to Infinitive.

Contoh NP1A dalam kalimat serta bentuk asli kalimat yang diubah:

No
Contoh NP1A
Bentuk awal kalimat
1
Another attempt to climb Mount Everest was made in the following year

They attempted to climb Mount Everest in the following year
2
The Prime Minister’s decision to resign was welcomed by the Opposition
The Prime Minister decided to resign, and this was welcomed by the Opposition
3
His refusal to help was disappointing
He refused to help and this disappointing us
4
You’ve no need to worry
You don’t need to worry
5
You haven’t kept your promise to write me more often
You promise me to write me more often, but you haven’t done so
6
The managing director announced his intention to retire
The managing director announced that he intended to retire/intended retiring
7
Anne’s desire to please her mother-in-law was clear to all of us
Anne clearly desired to please her mother-in-law
8
Jane expressed a wish to earn her own living
Jane said she wished to earn her own living
9
Your parents won’t like your plan to live abroad
You plan to live abroad. Your parents won’t like that
10
His refusal to pay his debts landed him in prison.
He refused to pay his debts, and this landed him in prison.

Jadi intinya, setiap kata kerja (verb) yang bisa diikuti oleh to-infinitive bisa dijadikan noun yang nantinya bisa dibentuk menjadi NP1A ini.

Cukup singkat, namun semoga saja bermanfaat dan menjadikan anda semakin mendalami kerumitan Bahasa Inggris yang kian hari kian memikat. See ya…



Hornby, A.S. 1976. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd edition. Oxford University Press.

Tuesday, June 18, 2013

Definisi Grammar Menurut Ahli Grammar

Definisi Grammar mungkin sudah banyak dijelaskan di kamus monolingual bahasa Inggris ataupun buku-buku referensi grammar lainnya. Namun begitu, tidak salah juga saya mengutipkan beberapa referensi mengenai defenisi Grammar menurut para ahli. Saking banyaknya ahli grammar di dunia ini, jadi saya hanya mengutipkan beberapa definisi saja biar tidak capek ngetiknya (hehehe) Oke lah kalau begitu, berikut adalah beberapa keterangan mengenai definisi, makna  ataupun pengertian grammar yang diungkapkan oleh beberapa pakar Grammar dunia, Let’s check this out…..

Dalam mengawali buku yang berjudul English Grammar, Jeffrey Coghill and Stacy Magendanz, dua orang pendiri Perpustakaan dan Kampus McNeese State University di Lake Charles, Los Angeles (2003:xvi) mendefinisikan grammar sebagai berikut:

“The grammar of a language is the set of rules that govern its structure. Grammar determines how words are arranged to form meaningful units.”

“Grammar sebuah bahasa adalah satu kumpulan aturan yang menata bagian susunannya. Grammar menentukan bagaimana kata-kata disusun dalam membentuk unit-unit bahasa yang bermakna.”

Sama halnya dengan definisi diatas, Michael Swan (2005:xix), ahli bahasa yang lebih cenderung memperhatikan Bahasa Inggris asli Inggris (British English) mendefinisikan grammar seperti dibawah ini:

“The rules that show how words are combined, arranged or changed to show certain kinds of meaning.”

“Grammar adalah aturan yang menerangkan bagaimana kata digabungkan, disusun atau diubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna.”

Selain definisi yang umum seperti diatas, ada beberapa pakar bahasa yang mendefinisikan Grammar dengan gaya yang berbeda seperti Greenbaum dan Leech. Leech et al (1982:3) mendefinisikan grammar sebagai:

“Reference to the mechanism according to which language works when it is used to communicate with other people. …..Grammar is a mechanism for putting words together, but we have said little about sound of meaning.”

"Makna Grammar adalah referensi mekanisme menurut fungsi bahasa ketika digunakan dalam komunikasi dengan orang lain…. Grammar adalah aturan untuk penggabungan kata, ataupun aturan penggabungan bunyi suatu makna ”

Lebih ekstrim lagi, pakar kenamaan tentang Grammar si Greenbaum (1996:25) mengartikan Grammar seperti di bawah ini:

“In the concrete sense of the word grammar, a grammar is a book of one or more volumes. We of course also use grammar for the contents of the book. When we compare grammars for their coverage and accuracy, we are referring to the contents of the book: a grammar is a book on grammar, just as a history is a book on history.”

“Menurut makna konkrit kata Grammar, grammar adalah sebuah buku yang berisi satu volume atau lebih. Kita juga tentu mengartikan grammar sebagai isi sebuah buku. Ketika kita membandingkan grammar dengan bahasan dan kebebenarannya, kita tentu mengacu pada isi dari sebuah buku: jadi Grammar adalah sebuah buku tentang grammar, seperti halnya sejarah adalah sebuah buku tentang sejarah.”

Yah, begitulah sedikit tentang definisi Grammar menurut beberapa pakar Grammar dunia. Mohon maaf jika terjemahannya seadanya.. Anda boleh percaya atau tidak, meskipun definisi Grammar dibilang sedikit dan tidak sulit, nyatanya mempelajar Grammar membutuhkan keikhlasan hati yang sangat dalam hehehe.

Referensi:

Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.

Greenbaum, Sidney. 1996. English Grammar. Oxford University Press.

Leech, Geoffrey et all. 1982. English Grammar for Today. London: The Macmillan Press Ltd.

Swan, Michael. 2005. Practical English Usage: 3rd Edition. Oxford University Press.

Monday, June 17, 2013

Paragraf - Apa Sih?


A paragraph is a group of sentences telling about one topic. Begitulah makna paragraf yang diungkapkan oleh beberapa pakar Bahasa. Untuk memperjelasnya, coba lihat dua paragraf tentang Lance Amstrong di bawah ini:

From an early age, Lance Armstrong demonstrated superior athletic ability and a competitive streak. These qualities helped him win the Kids Triathlon at age 13 and, at age 16, become a professional triathlete. The cycling part of the triathlon became his focus, and he devoted his life to professional cycling. In that sport he has excelled as national and world champion, as Olympian, and as record-tying five-time winner of the Tour de France. He is surely one of the all-time great cyclists.

His path, however, has not been without obstacles and pain. In October 1996, he discovered that he had testicular cancer that had advanced and spread to his brain and lungs. The determination that had carried him through win after win in cycling now kicked in to help him combat the deadly disease. And combat he did. After surgery and chemotherapy, Lance became a cancer survivor. Profoundly affected by his battle for life, he dedicated himself to becoming a spokesperson for cancer awareness and survivorship.

Question: Why does a new paragraph begin with the sentence “His path, however, has not been without obstacles and pain”?

Answer: This is a new topic.

“The first paragraph deals with Lance’s achievement in cycling. All sentences in this paragraph deal with this topic. The second paragraph moves on to another topic: Lance’s battle with and victory over cancer. All sentences in this paragraph deal with this topic. Note that the beginning of a paragraph is indented; that is, the first word is moved a short space to the right of the margin.”

Paragraf pertama mengacu pada prestasi Lance Amstrond dalam balapan sepeda. Semua kalimat dalam paragraf ini mengacu pada topik tersebut.

Paragraf kedua berganti ke topik lain: Yaitu pertarungan Lance Amstrong dengan Kanker, semua kalimat di paragraf ini mengacu pada topik tersebut.

Yang harus diingat adalah kita harus meng-indent / menjorokkan kata pertama ke kanan dari margin sebuah paragraf.


Summary: A paragraph is a group of sentences telling about one topic. When you come to a new topic, begin a new paragraph. Remember to indent when you start a paragraph.

Kesimpulan: Paragraf  adalah kumpulan kalimat yang menceritakan tentang satu topik. Ketika kamu membuat topik baru, maka mulailah dengan paragraf baru. Jangan lupa menjorokkan kata pertama ketika memulai sebuah paragraf.

Panjang Paragraf

How long should a paragraph be? Quite simply, it should be as long as it needs to be. A paragraph that is developing a topic does not consist of a predetermined number of sentences. However, very long paragraphs (say, a page long) often seem forbidding to the reader. Very short ones—one or two sentences—may be used, but only with care. Sometimes the one-sentence paragraph can make a point dramatically. A series of one-sentence paragraphs, though, makes your writing disjointed and leaves the reader with the impression that you have not developed your subject.

Seberapa panjang harusnya paragraf itu? Cukup mudah, paragraph seharusnya sepanjang yang dibutuhkan.  Paragraf yang mengembangkan sebuah topik tidak membutuhkan banyak kalimat. Akan tetapi, paragraf yang sangat panjang sering nampak tak bersahabat dengan pembaca. Paragraf dengan kalimat yang sedikit—satu atau dua kalimat—bisa digunakan sebagai gantinya, namun harus hati-hati. Kadang paragraf yang berisi satu kalimat dapat merujuk langsung ke tema secara dramatis. Meskipun demikian, kumpulan paragraf yang berisi satu kalimat membuat tulisan anda tidak nyambung dan membuat pembaca menganggap anda tidak bisa mengembangkan paragraf.

Diadaptasi dari tulisan Boehme (2004: 232-233).


Boehme, Bonnie. 2004. Grammar & Usage for Better Writing. New York: Amsco School Publication.

Sunday, June 16, 2013

25 Kesalahan Bahasa Inggris Mahasiswa Pintar


Melanjutkan pembahasan yang kemarin, tentang kesalahan-kesalahan berbahasa Inggris yang dilakukan oleh Mahasiswa tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat mahir, kali ini pembahasan lebih sulit dan lebih rumit dari sebelumnya; yaitu “25 Kesalahan berbahasa Inggris yang sering dilakukan oleh Mahasiswa yang sangat Mahir”. Dengan kata lain, posting ini jelas ditujukan untuk anda yang memang merasa memiliki kemampuan bahasa Inggris diatas rata-rata. Namun tidak salah juga jika ada yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pas-pasan mau membaca posting ini sekedar mengintip kesalahan apa sih yang sering dilakukan mahasiswa yang jago Bahasa Inggrisnya. 

Seperti sebelumnya, referensi yang digunakan dalam posting ini adalah dari buku karangan Michael Swan yang berjudul Practical English Usage edisi ketiga. Judul yang ditawarkan Swan yaitu “Even very advanced students can make mistakes – nobody’s perfect! Here are 25” jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “Bahkan Mahasiswa yang sangat mahir pun bisa melakukan kesalahan – tidak ada manusia yang sempurna! Ini dia 25 Kesalahan Mereka”. Mengadaptasi judul tersebut, saya member judul posting ini menjadi “25 Kesalahan Bahasa Inggris Mahasiswa Pintar!!” seperti yang diungkap Swan, Check these out!!!

No
Jangan katakan/tulis
Katakan/tulis
1
No doubt the world is getting warmer
There is no doubt the world is getting warmer
2
I can’t think of anybody whom to invite
I can’t think of anybody to invite
3
My father, whom we hope will be out of hospital soon, …..
My father, who we hope will be out of hospital soon, ….
4
Would you follow me wherever I would go?
Would you follow me wherever I went?
5
We all have to live in the society
We all have to live in society
6
The number of the unemployed is going up
The number of unemployed is going up
7
She was showing tiredness signs
She was showing signs of tiredness
8
She works the hardest when she’s working for her family
She works hardest when she’s working for her family
9
I’m thankful for your help
I’m grateful for your help
10
We talked about if it was ready
We talked about whether it was ready
11
What live in those little holes?
What lives in those little holes?
12
Some people are interested, but the majority doesn’t care
Some people are interested, but the majority don’t care
13
It mustn’t be the postman at the door. It’s only 7 o’clock
It can’t be the postman at the door. It’s only 7 o’clock
14
A third of the students is from abroad
A third of the students are from abroad
15
Except Angie, everybody was there
Except for Angie, everybody was there
16
I wish you felt/would feel better tomorrow
I hope you feel better tomorrow
17
The train must be late, as it happened yesterday
The train must be late as happened yesterday
18
When I wrote my letters, I did some gardening
When I had written my letters, I did some gardening
19
When I had opened the door, the children ran in
When I opened the door, the children ran in
20
Stefan can never return back to his country
Stefan can never return to his country/go back to his country
21
Will you go and see me when I’m in hospital?
Will you come and see me when I’m in hospital?
22
May you go camping this summer?
Do you think you’ll go camping this summer?
23
My cousin works for the NATO
My cousin works for NATO
24
My wife will be angry unless I’m home by 7.00
My wife will be angry if I’m not home by 7.00
25
We were poured water on
We had water poured on us. (Water was poured on us)

Memang tidak ada yang sempurna, bahkan mahasiswa ataupun dosen sekalipun memiliki banyak kesalahan. Semoga dengan merenungi kesalahan-kesalahan diatas, kita bisa terus waspada dalam mempelajari Bahasa Inggris dan semoga saja kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan dapat membuat kita semakin serius dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang kita miliki. Sekian dan See yo…


Swan, Michael. 2005. Practical English Usage:3rd edition. Oxford University Press.