Social Icons

Friday, March 28, 2014

Expressing Regret - Penyesalan

Expressing regret - "Mengungkapkan penyesalan" adalah salah satu materi speaking yang wajib diketahui oleh siapapun. Tidak hanya seorang siswa SD, SMP, SMA atau Mahasiswa saja. Seorang guru dan dosen pun harusnya tidak hanya lancar mengajar teori regretting saja, tapi juga harus berani mengungkapkan penyesalannya jika ia melakukan kesalahan / kekeliruan. 

Dengan mengungkapkan rasa menyesal, setidaknya transparansi bisa dibudayakan. Apalagi dengan keadaan manusia yang kian hari semakin banyak "rahasia".

Jika ada di antara sobat belum memahami ungkapan rasa menyesal, berikut ini adalah cara bagaimana mengungkapkan rasa menyesal dalam bahasa Inggris...


  1. If I had (hadn't) V3, SUBJECT would (wouldn't) have V3.
  2. I wish I had V3
  3. I regret having V3 / not having V3 (to have V3 / not to have V3)
  4. I regret that I V2 
  5. I should have V3
  6. I ought to have V3 

Catatan :

Nomor 1 dan 2 dikatakan kepada diri sendiri. Sedang nomor 3 - 6 bisa ditambahkan I am sorry dan dikatakan kepada orang kedua (orang yang sudah dikecewakan oleh anda; atau orang yang sudah dibuat marah oleh anda)

Contoh :

Kejadian : Anda tidak mengerjakan PR sehingga guru anda marah.

Ungkapan penyesalan anda :

  1. If only I had done my homework, my teacher would have been angry (Andai saya mengerjakan PR, guru saya tidak akan marah)
  2. I wish I had done my homework. (Saya harap saya sudah mengerjakan PR )
 

expressing regret, ungkapan penyesalan dalam bahasa inggris
Ungkapan penyesalan kepada guru anda :

  1. I regret not having done my homework / I regret not to have done my homework (Saya menyesal tidak mengerjakan PR)
  2. I regret that I did not do my homework (Saya menyesal tidak mengerjakan PR)
  3. I am sorry I should have done my homework (Saya menyesal, saya seharusnya telah mengerjakan PR)
  4. I am sorry I ought to have done my homework (Saya menyesal, seharusnya saya sudah mengerjakan PR)

Ungkapan penyesalan sebenarnya bisa menggunakan variasi Adjective / Adverb, asalkan sobat mengerti cara penggunaan keduanya. Seperti I am so regretful I did not do my homework / I regretfully did not do my homework. Dan masih banyak lagi variasi ungkapan penyesalan dalam bahasa Inggris.

Namun, beberapa contoh di atas setidaknya sudah bisa mewakili berbagai variasi Expressing Regret / Ungkapan Penyesalan. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment