Social Icons

Monday, May 5, 2014

Verb Pattern 4F - VP4F

Verb pattern 4F, lebih singkat VP4F, ini adalah pelajaran pola kata kerja keempat paling akhir. Artinya, setelah VP4F ini kita akan melangkah lebih lanjut ke pelajaran Verb Pattern 5. Sepeti halnya VP4 lainnya, VP4F ini juga masih berhubungan dengan to infinitive. Akan tetapi, jika pada pembahasan sebelumnya kata kerja dalam VP4 rata-rata intransitive verb yang tidak berupa be,  dalam VP4F ini kata kerja sebelum to infinitive-nya berupa be.

Lalu, seperti apakah VP4F ini? Ini pembahasan tingkat lanjut, jadi bagi sobat yang baru memahami kalimat ber-be alangkah sangat baik membaca VP4F ini demi meningkatkan pemahaman akan be yang sobat pernah pelajari bisa lebih baik lagi, oke.. Yuk kita lihat beberapa contoh Verb Pattern 4F ini lebih dekat :


verb pattern 4f, vp4f


Keterangan :

Nomor 1, 2, dan 3 "to" mengindikasikan apa yang sudah direncanakan dan disepakati. "to" disini bermakna akan. Jadi pada kalimat 1, 2, dan 3 bermakna :
  1. Saya dan John akan bertemu di stasiun jam 6. (bertemunya sudah direncanakan dan disepakati; alias sudah janjian.
  2. Kita akan menikah pada bulan Maret. (menikahnya sudah direncanakan dan disepakati oleh dua belah pihak)
  3. Kita harusnya sudah menikah pada tahun lalu (pada tahun lalu sudah merencanakan pernikahan)
Nomor 4 dan 5 "to" berfungsi menanyakan harapan kepada seorang yang diajak bicara. Pada nomor 4 dan 5 itu bermakna :

4) Pada jam berapa saya harus datang?
5) Kapan saya harus menelepon kamu?

Nomor 6 "to" mengindikasikan makna ketidaksabaran hingga pada kalimat nomor 6 ini bermakna :

6) Haruskah saya berdiri di sini selamanya?

Nomor 7 "to" mengacu pada makna kepastian yang kuat. Sehingga pada kalimat nomor 7 ini bermakna :

7) Kau harus selalu berpikir bahwa aku adalah kawanmu.

Nomor 8 to bermakna menginstruksikan sehingga pada contoh nomor 8 ini bermakna :

8) Saya memberi instruksi untuk menginformasikan kepada anda bahwa.....
9) Tidak ada seorangpun yang harus tahu.
10) Bagaimana saya bisa membayar hutang saya?
11) Si pelayan tidakdapat dilihat.
12) Ketika saya akan menanyakan....
13) Saya tidak bisa mempelajari pelajaran ini sampai nanti.
14) Bangunan baru ini dirancang akan jadi tingkat 6.
15) Tidak pernah melihat istri dan anaknya lagi adalah takdir untuknya.

Nah, untuk nomor 9 dan seterusnya silahkan raba-raba sendiri maksud dari kata "to" di atas ya.. Intinya tulisan ini adalah tulisan tingkat mahir tidak seperti tulisan ini (baca: cara memahami kalimat ber-to be).

Sekian saja, jika ada yang mau ditambahkan oleh sobat semua silahkan tambahkan....

No comments:

Post a Comment