Social Icons

Saturday, August 17, 2013

Bahasa Inggrisnya Sekolah Dasar

Bahasa Inggrisnya sekolah dasar apa sih??? ah ada-ada saja jika di google banyak pencarian mengenai bahasa inggrisnya SD, apa bapak ibu guru baik di SD ataupun di SMP, SMA bahkan dosen Bahasa Inggris di perguruan tinggi tidak ada yang mengajarkan Bahasa Inggris dari sekolah dasar?

Sebagai catatan, Google Adwords mencatat ada 49.500 pencarian dalam sebulan tentang bahasa inggrisnya sekolah dasar. Jika sudah demikian, dimanakah guru sekarang ini, sampai-sampai hampir ada 50.000 orang mencari terjemahan makna sekolah dasar?

Memang jika diterjemahkan secara harfiah bahasa inggris sekolah dasar menjadi seperti ini:

Sekolah = School
Dasar = Basic

Jadi, jika kita menganggap terjemahan harfiah itu adalah contoh terjemahan yang benar, maka Bahasa Inggris Sekolah Dasar adalah Basic School, atau biar rada keren ditambah the menjadi The Basic School.

Akan tetapi hal ini menjadi sangat tidak wajar jika kita sejajarkan dengan budaya di Barat, karena pada dasarnya menerjemahkan bahasa itu sesungguhnya adalah mengalihkan budaya. Jika dalam Bahasa sumber (Bsu) tidak ada padanan yang tepat dengan Bahasa sasaran (Bsa), maka kita sesuaikan saja dan tidak usah repot-repot mencari kata yang sulit.

Dan padanan (equivalent) yang tepat untuk Sekolah Dasar adalah "Elementary School" itu kata wikipedia, dan sumber-sumber terkenal lainnya. Namun jika tidak percaya untuk padanan yang tepat bagi sekolah dasar ya silahkan saja tanya pada anak SD di barat...

Ah ada-ada saja orang Indonesia, mencari bahasa inggrisnya sekolah dasar ko di google??? Ya terlalu mudah..

Google harusnya ditanya yang rada berat sedikit seperti, "Dimana sih Tuhan berada????"

No comments:

Post a Comment