Social Icons

Saturday, August 3, 2013

Types of Reading

Types of reading – Jenis-jenis membaca dalam dunia Bahasa harus kita pahami sebagai hal yang perlu kita ketahui. Karena dengan meningkatnya kemampuan kita dalam membaca—reading comprehension—kita akan diberi kesempatan untuk meningkatkan wawasan kita akan pentingnya ilmu pengetahuan. Berikut adalah jenis-jenis reading comprehension yang diungkapakan oleh Dr. M.R. Patel dan Pravin M. Jain (2008: 117-123):

1.       Intensive Reading

Intensive reading is text reading or passage reading. In this reading the learner read the text to get knowledge or analysis. The goal of this reading is to read shorter text. This reading is done to carry out to get specific information. Learner reads book to acquire knowledge is the kind of intensive reading.

Intensive reading adalah membaca teks atau beberapa bagian dalam bacaan. Dalam kegiatan membaca ini siswa membaca sebuah teks untuk memperoleh ilmu atau analisanya. Tujuan kegiatan membaca ini adalah untuk membaca teks yang pendek. Kegiatan membaca ini—intensive reading—dilakukan dengan cara mencari informasi yang spesifik. Intinya, Siswa membaca demi mendapatkan ilmu pengetahuan.

Intensive reading will provide a basis for explaining difficulties of structure and for extending knowledge of vocabulary and idioms. It will also provide material for developing greater control of the language in speech and writing. 

Intensive reading memberikan dasar penjelasan akan kesulitan susunan bahasa dan pengembangan pengetahuan vocabulary dan idiom. Kegiatan reading ini juga memberikan materi pengembangan penguasaan yang lebih besar akan kemampuan berbicara dan menulis.

2.      Extensive Reading

Material for extensive reading will be selected at a lower level of difficulty than that for intensive reading. The purpose of extensive reading will be to train the student to read directly and fluently in the target language for enjoyment, without the aid of the teacher. 

Materi Extensive reading ini dapat dipilih pada level kesulitan terendah dari intensive reading. Tujuan extensive reading ini adalah melatih siswa untuk membaca secara langsung dan lancer pada bahasa sasaran untuk kesenangan, tanpa bantuan dari guru.

3.      Aloud Reading

Reading aloud also play important role in teaching of English. Teacher should know that the training of reading aloud must be given at primary level because it is the base of words pronunciation.

Reading aloud atau juga membaca dengan keras memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pengajaran Bahasa Inggris. Guru harus tahu bahwa pengajaran reading aloud ini harus diberikan pada level utama karena kegiatan membaca jenis ini adalah basis pelafalan kata.

4.      Silent Reading

Silent reading is a very important skill in teaching of English. This reading should be employed to increase reading ability among learners. Silent reading is done to acquire a lot of information. Teacher has to make them read silently as and when they are able to read without any difficulties. 

Silent reading atau membaca lirih ini adalah skil yang sangat penting dalam pengajaran Bahasa Inggris. Kegiatan reading ini harus digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Silent reading dilakukan untuk memperoleh banyak informasi. Guru harus membuat siswa membaca dengan lirih sehingga siswa dapat membaca tanpa hambatan apapun.

No comments:

Post a Comment