Social Icons

Wednesday, December 24, 2014

Mengisi Hari Libur Untuk Menulis

Asyik.. Liburan lumayan panjang di akhir tahun ini. Pasti sudah banyak rencana berlibur menikmati santai di hari tanpa beban, tanpa perintah, tanpa tugas, tanpa PR, tanpa ini dan itu. Meskipun libur, makan dan minum tentu tidak boleh libur. Olah raga pun harus tetap dijaga agar kesehatan bisa selalu bugar. Alangkah nikmatnya menikmati liburan, apalagi dengan orang tercinta. Bener gak sih?

Mungkin ada saja orang yang sibuk di hari libur, seperti karyawan di tempat-tempat wisata, restoran, hotel dan tempat ramai pengunjung lainnya yang malah harus bekerja lembur. Namun liburan (meski tak libur) bagi mereka bisa menjadi berkah tersendiri mengingat semakin banyaknya penghasilan yang mereka dapatkan lebih dari biasanya. Apapun itu, liburan pasti serba berisi seribu kisah dan cerita; senang dan bahagia itu wajar meski terkadang ada juga yang menyedihkan.

Untuk para siswa SMP dan SMA, alangkah baiknya tetap mengingat bahwa pendidikan kita belum sepenuhnya usai, khususnya lagi bagi anda yang sangat mencintai bahasa Inggris. Karena itu, seharusnya liburan bisa dijadikan momentum untuk semakin meningkatkan kualitas bahasa Inggris yang anda miliki. Kita pasti ingat pelajaran recount text, coba deh ketika sudah pulang ke rumah masing-masing, sebelum tidur ceritakan kisah-kisah liburan dengan bahasa sendiri. Entah itu bertamasya, piknik (apa bedanya ya? :), jalan-jalan ke mall bareng teman-teman, atau bahkan jika kita tetap diam di rumah dan hanya membantu orang tuapun, setidaknya ada catatan apa, kapan dan bagaimana kita habiskan masa-masa liburan. Jika demikian, maka waktu liburan kita tidak hanya sebatas kenangan saja, namun juga dapat menjadi salah satu tahap perkembangan kemampuan bahasa Inggrs kita.

BAHASA INGGRIS, FACEBOOK, dan HARI LIBUR

Semua orang tahu, bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang dibutuhkan oleh setiap orang. Semua orang pun tahu bahwa facebook adalah social network paling tenar di dunia. Mengingat semakin pesatnya dunia teknologi, banyak orang menghabiskan waktu libur hanya dengan berfacebook ria,  membaca status teman-teman mereka dan saling like status plus menjawab setiap komentar pada status mereka. Facebook memang bikin kecanduan. Namun jika kegiatan kita melulu seperti itu, coba pikir berapa status kita dalam sehari, berapa komentar kita setiap hari, berapa? Jika dihitung pasti sudah berlembar-lembar kertas A4. Jika dijual, pasti deh laku.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita manfaatkan facebook tidak sekedar menghibur diri saja. Sesekali manfaatkan Facebook dengan menuliskan status 'berbahasa Inggris', sedikit demi sedikit nanti lama-lama juga bisa menjadi bukit :). COBA SEKALI SAJA MENULIS STATUS FACEBOOK / TWITTER DENGAN BAHASA INGGRIS. Jika setiap hari kita update status dalam bentuk kalimat, berarti selama liburan (misal libur 1 minggu) kita sudah menulis 7 kalimat, lumayan. Bayangkan jika status Facebook (jejaring sosial lainnya) yang kita tulis itu lebih panjang dari satu kalimat, Hmm betapa banyak kita menulis kalimat berbahasa Inggris.

Ingat, sedikit demi sedikit saja. Tak usah terburu-buru :)

Jika masih merasa malu menuliskan kata kata dalam bahasa bule, silahkan sobat kunjungi saja FansPage pesbuk englishindo di http://www.facebook.com/englishindo dan tuliskan kata kata alias celotehan berbahasa Inggris yang ingin diungkapkan, dengan begitu semoga saja ada teman-teman di RBI (Referensi Bahasa Inggris) ada yang merespon.

Yah.. Hari Libur. . . Jadi sepi nih :)

No comments:

Post a Comment