Social Icons

Wednesday, June 19, 2013

Noun Pattern 1A – NP1A

Noun pattern 1A, apa lagi tuh? NP1A singkatannya yah? hehehe Ya.. seperti pernah saya tuliskan terdahulu (baca: Noun Pattern – Pendahuluan) bahwa saya akan membagikan referensi Bahasa Inggris tentang noun yang lebih detail. Karena ini adalah lanjutan dari pembahasan tersebut, maka jangan heran jika saya menggunakan referensi yang sama yaitu Guide to Patterns and Usage in English 2nd edition, karya A.S Hornby, penulis kamus Concise Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Meski pembahasan tentang noun ini sudah sangat banyak sekali, lihat:  jenis-jenis noun, fungsi-fungsi noun, daftar regular dan irregular plural noun, hingga noun as modifier (adjective) di sebelah kanan kolom Grammar Rooms blog ini, namun materi tersebut lebih ringan dipahami dari pada materi tentang noun pattern ini.
Oke langsung saja, noun pattern 1A (lebih singkatnya NP1A) ini dicontohkan oleh Hornby dengan menuliskan kalimat, “Another attempt to climb Mount Everest was made in the following year.” Nah, kata yang bercetak tebal adalah noun headnya (kata benda utama) sedangkan kata yang bercetak miring adalah modifier (penjelas) dari noun tersebut. Hornby (1976:113) menjelaskan:

“In this pattern a to-infinitive is used as an adjunct to a noun. The noun is identical with the verb that can be used with a to-infinitive or a gerund that corresponds to a to-infinitive.”

Dalam pola NP1A ini, to-infinitive digunakan sebagai penjelas (adjunct/modifier) dari noun. Noun disini identik dengan kata kerja (verb) yang diikuti dengan to-infinitive ataupun dengan gerund yang berhubungan dengan to-infinitive.

Maksudnya, noun yang diikuti dengan to-infinitive ini adalah bentuk noun yang berubah (derived) dari kata kerja yang diikuti dengan to-infinitive.

Contoh:

Kata kerja “Decide” diubah menjadi noun “Decision” , maka noun “Decision” tersebut bisa diikuti to-infinitive sebagai penjelasnya.

Untuk melihat kata kerja (verb) yang diikuti dengan to-infinitive silahkan baca postingan yang diadaptasi dari penjelasan Betty S. Azar ini: Lists of Verbs Followed by to Infinitive.

Contoh NP1A dalam kalimat serta bentuk asli kalimat yang diubah:

No
Contoh NP1A
Bentuk awal kalimat
1
Another attempt to climb Mount Everest was made in the following year

They attempted to climb Mount Everest in the following year
2
The Prime Minister’s decision to resign was welcomed by the Opposition
The Prime Minister decided to resign, and this was welcomed by the Opposition
3
His refusal to help was disappointing
He refused to help and this disappointing us
4
You’ve no need to worry
You don’t need to worry
5
You haven’t kept your promise to write me more often
You promise me to write me more often, but you haven’t done so
6
The managing director announced his intention to retire
The managing director announced that he intended to retire/intended retiring
7
Anne’s desire to please her mother-in-law was clear to all of us
Anne clearly desired to please her mother-in-law
8
Jane expressed a wish to earn her own living
Jane said she wished to earn her own living
9
Your parents won’t like your plan to live abroad
You plan to live abroad. Your parents won’t like that
10
His refusal to pay his debts landed him in prison.
He refused to pay his debts, and this landed him in prison.

Jadi intinya, setiap kata kerja (verb) yang bisa diikuti oleh to-infinitive bisa dijadikan noun yang nantinya bisa dibentuk menjadi NP1A ini.

Cukup singkat, namun semoga saja bermanfaat dan menjadikan anda semakin mendalami kerumitan Bahasa Inggris yang kian hari kian memikat. See ya…



Hornby, A.S. 1976. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment