Social Icons

Monday, November 25, 2013

Fungsi Adverb dalam Grammar

Adverb telah menjadi wajib untuk kita yang gemar belajar bahasa Inggris. Setelah sebelumnya kita telah belajar memahami jenis adverb, sekarang saatnya memahami beberapa fungsi adverb (kata keterangan) dalam grammar. Untuk mengetahui fungsi adverb dalam grammar bahasa Inggris, Frank (1972: 145-147) mengungkapkan ada 3 fungsi adverb dalam grammar. Mari kita perjelas lagi :

Fungsi Pertama, Adverb as Modifier of a Verb

Contoh :

The boy threw the ball quickly. / The boy quickly threw the ball.

Adverb 'quickly' (dengan cepat) diatas menjelaskan kata kerja (verb) 'threw' = bentuk kedua dari 'throw' (melempar). Artinya, bocah itu melempar bola dengan cepat: dengan cepat maksudnya melemparnya, bukan bocah ataupun bolanya.

Adverb of Manner (baca: Jenis Adverb menurut Maknanya) memang dengan sendirinya menjelaskan verb (kata kerja), sedang adverb of place and time (kata keterangan tempat dan waktu), meskipun dianggap bisa menjelaskan verb (kata kerja), namun beberapa ahli grammar menyatakan bahwa adverb of place and time hanya bisa menjelaskan keseluruhan kalimat.

Contoh :

The boy quickly threw the ball there twice yesterday

Kata keterangan tempat (adverb of place) 'there' menjelaskan seluruh kalimat 'the boy quickly threw the ball'. Begitu juga dengan kata keterangan waktu (adverb of time) 'yesterday' menjelaskan seluruh kalimat 'the boy quickly threw the ball'. Jadi, kata keterangan 'there' (disana) dan kata keterangan 'yesterday' (kemarin) menjelaskan seluruh kalimat 'bocah melempar bola dengan cepat.'

Namun, ketiga kata keterangan tersebut diatas, there, twice, yesterday bisa menjelaskan kata kerja 'throw'.


Fungsi Kedua, Adverb as Modifier (Intensifier) of an Adjective or an adverb.

Contoh :

The boy threw the ball very quickly.

Adverb 'very' menjelaskan adverb 'quickly. Artinya bahwa yang 'sangat' adalah 'cepat' nya bukan bocahnya, melemparnya, apalagi 'bola'nya.

Contoh 2 :

Dina is really smart.

Adverb 'really' menjelaskan adjective 'smart'. Artinya bahwa yang 'sungguh' itu adalah 'pintar'nya, bukan Dinanya apalagi to be 'is'.


Fungsi Ketiga, Adverb as Modifier of an entire Sentence.

Contoh :

Fortunately, the boy threw the ball quickly.

Adverb 'fortunately' (untungnya) menjelaskan keseluruhan kalimat 'the boy threw the ball quickly.

Kesimpulannya :

Fungsi adverb ada 4 :

1. Menjelaskan Verb "Kata kerja"
2. Menjelaskan Adverb yang lain
3. Menjelaskan Adjective "Kata sifat"
4. Menjelaskan Seluruh Kalimat.

Ada yang ingin lihat 100 Kata Kerja Bahasa Inggris paling terkenal? Klik Link di bawah ini untuk melihat "the most popular verbs"




Frank, Marcella. 1972. Modern English Usage: A Practical Reference Guide. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

No comments:

Post a Comment