Social Icons

Thursday, December 5, 2013

Verb Pattern 2A - VP2A

Seperti sebelumnya Verb Pattern 1, Verb Pattern 2A (VP2A) masih seputar Intransitive verb (kata kerja yang tidak membutuhkan object). Hornby (1975: 22) menjelaskan, "Many verbs may be used without a complement or adjunct. In the sentence 'Fishes swim', the finite 'swim' is the complete predicate. The pattern is subdivided."

Jadi, VP2A ini adalah pola kata kerja yang biasanya tidak dilengkapi dengan complement, object kalimat atau kata keterangan (adverb), seperti pada contoh, "Fishes swim", kata kerja 'swim' adalah kata kerja yang sudah sempurna, tidak memiliki object pun kalimat sudah benar. Ini yang dinamakan "complete predication of intransitive verbs"
Coba lihat pada VP1, kata kerja BE adalah kata kerja yang tidak bisa berdiri sendiri, alias butuh pelengkap. Dan hal tersebut membuat BE /to be menjadi salah satu "incomplete predication of intransitive verbs".

Keterangan mengenai VP2A ini bisa dilihat pada tabel yang diterangkan Hornby (1975: 22-24) berikut ini :



Catatan (14) :
Tidak ada kata keterangan (adverbs/adjuncts) dalam kalimat-kalimat di atas, keberadaan adverbs hanya tidak terlalu penting.



Catatan (15)
Inversion (inversi) dari subject dan kata kerja setelah kata 'there' di awal kalimat sangat umum digunakan, khususnya ketika subjectnya berupa noun phrase (frasa kata benda) yang panjang. Misalnya pada nomor 1, subject "A long period of peace and prosperity" frasanya telah panjang hingga penggunaan there di awal kalimat lebih baik.



Catatan (16)
Ketika subject kalimat berupa noun clause atau to infintive phrase, kata it di awal kalimat bisa digunakan.

Kata "do" pada kalimat nomor 5 bermakna 'dapat ditolelir'.



Catatan (17)
That-clause (noun clause berawalan that) terjadi setelah kata kerja seem, appear, happen, chance, dan follow, dengan menggunakan it di awal kalimat. Contoh : sebagai ganti kalimat, "That he has been ill appears", kalimat "It appears (that) he has been ill" lebih baik digunakan.

Nomor 3 : Alternatif lain kalimat nomor 3 adalah : The socialists will be elected, it seems.
Nomor 4 : Alternatif lain kalimat nomor 4 adalah : The plane, it appears, did not land at Rome.

Kata Kerja seem, appear, happen dan chance bisa juga digunakan pada VP4D (Verb Pattern 4D) dengan menggunakan to infintife. (Pembahasan menyusul)


Hornby, AS. 1975. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd Edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment