Social Icons

Friday, December 6, 2013

Verb Pattern 2B - VP2B

Dalam menjelaskan Verb Pattern 2B (VP2B) ini, Horby (1975: 24) mengungkapkan, "In the sentences in this table the verb is used with an adverbial adjunct of distance, duration, weight, price, etc. Before adverbials of distance and duration for may occur, but it is often omitted."

Dari keterangan Hornby tersebut, dapat disimpulkan bahwa kata kerja yang digunakan bersama sebuah kata keterangan tentang 'jarak', 'durasi', 'berat', 'harga' dll. Biasanya sebelum kata keterangan tersebut didahului oleh for, meski umumnya for tersebut dihilangkan.

Jadi perbedaannya dengan VP1A adalah, jika pada VP2A keberadaan adverbial (kata keterangan) tidak diperlukan sekali, sedang pada VP2B, keberadaannya sangat diperlukan, meski sama-sama menggunakan intransitive verbs.

Untuk lebih jelasnya, lihat pada tabel di bawah ini :


Catatan (18)
Pada kalimat, "We weight and measured the box", kata kerja weight dan measure adalah kata kerja transitif. Sedang pada kalimat, "The box weights 1.6 kilos and measures 35 cm x 25 cm", kata kerja weight dan measure adalah intransitive verbs. Jadi kita harus jeli melihat kata kerja mana yang transitif dan mana kata kerja yang intransitif.

Misalnya lagi, Kata kerja 'cost' termasuk transitive verb jika berhubungan dengan penggunaan komersial, seperti pada frasa 'to cost a book', kata kerja 'cost' di sini berarti 'estimasi / menentukan harga produksi buku'   

Kata 'cost', 'take' (bermakna butuh ) dan kata 'last' (bermakna 'terus dapat digunakan'), bisa didahului indirect object seperti pada kalimat nomor 10, 15, 18 dan 19.


Hornby, AS. 1975. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd Edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment