Social Icons

Friday, December 6, 2013

Verb Pattern 2C - VP2C

Pada Verb Pattern 2C (VP2C) ini susunannya sama seperti pada tabel 4 di VP1; bedanya pada Verb Pattern 2C ini menggunakan kata kerja intransitif yang tida berupa BE.

Dalam hal ini, Horby (1975: 25) menjelaskan, "The simplest form of the pattern is seen when the verb is used with an adverb or adverbial particle, as in sentences 1 to 5. The adverb may be followed by a preposition, as in sentences 6 to 10."

"When two or more adverbials occur (e g of time and place), their order has to be chosen. There are some sequences which are more usual than others. Adverbials of place and direction usually precede adverbials of time, as in: We arrived here yesterday."

Jadi, bentuk paling sederhana dari verb pattern 2C bisa dilihat ketika kata kerja digunakan bersama sebuah adverb atau adverbial seperti pada kalimat nomor 1 sampai 5. Kata keterangan (adverb) bisa diikuti preposition (kata sambung) seperti pada kalimat nomor 6 sampai 10.

Ketika dua adverbial ketemu (misalnya, adverb of time dan adverb of place), susunan adverb of place (kata keterangan tempat) biasanya ditempatkan lebih dahulu dari adverb of time (kata keterangan waktu), seperti pada kalimat: We arrived here yesterday.

Untuk lebih jelasnya lihat pada tabel berikut :


Catatan (19):

Harus diingat, ketika subjectnya panjang, susunan kata there di awal kalimat lebih baik digunakan. Bandingkan kalimat di bawah ini :

A feeling of affection grew up between them (Subject pendek)
There grew up between the two men of feeling of warm affection. (subject panjang)

Dalam beberapa kombinasi (kalimat), adverbial particles (kata keterangan yang berbentuk sama seperti kata sambung) bisa diletakkan di awal kalimat, yang memiliki arti sebagai exclamatory sentences atau kalimat perintah non-formal. Contoh:

They went off -----------menjadi-----------Off they went !
She went away----------menjadi-----------Away she went!
Please go in-------------menjadi-----------In you go!

Namun tidak semua kata kerja bisa digunakan dalam susunan kalimat di atas, misalnya saja kalimat, "She locked out" tidak bisa diubah menjadi "Out she locked"

Jadi, kata kerja yang bisa digunakan dalam susunan kalimat inversi di atas adalah kata kerja yang mengindikasikan "gerakan" (movement). Sedang kata kerja "lock" bukanlah verbs of movement hingga tidak bisa dijadikan susunan inversi seperti di atas.

Adverb of place (kata keterangan) here dan there, jika subject kalimat berupa 'Personal Pronoun' , Personal pronoun tersebut harus diletakan sebelum verb (kata kerja), Contoh:

Here they come!
There she goes!
There they go!
Sedang jika subjectnya bukan berupa "Personal Pronoun" maka kata kerja mendahului subject. Contoh :

Here comes the station bus !
Here comes the other member of the party !

Gunakan kata keterangan (adverb) home setelah kata kerja "gerakan" (movement), misalnya go, come, run.
 Contoh :
They went/run all the way home

Sebaliknya, gunakan kata keterangan (adverb) at home jika kata kerja tidak mengindikasikan "gerakan" (movement). Contoh :

I'll stay/remain all the way at home.



Hornby, AS. 1975. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd Edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment