Social Icons

Friday, December 13, 2013

Verb Pattern 3B - VP3B

Verb pattern 3A sudah kita bahas kemarin, sekarang saatnya melanjutkan pembahasan Verb Pattern 3B bukan? Ah, memang belajar grammar itu yang terpenting kita tahu verb; begitulah catatan terakhir guru grammar favorit saya.

Seperti halnya VP3A, Verb Pattern 3B (VP3B) ini memiliki preposition setelah kata kerja intransitif. Bedanya dalam VP3B ini preposition cenderung dihilangkan. Dalam verb pattern 3B ini, kata kerja sekilas seperti kata kerja transitif sama seperti pada VP3A yang bisa dipasifkan karena dianggap satu kesatuan (phrasal verb).

Jika pada VP3A, object of preposition berupa noun, pronoun dan gerund, dalam VP3B ini object of prepositon berupa that clause (noun clause berawalan that) dan bentuk noun clause lainnya. Namun biasanya prepositionnya dihilangkan.

Contoh :

He insists on his innocence. (VP3A)
He insists that he is innocence. (VP3B)

Memang, dalam susunan kalimatnya VP3B ini mirip sekali dengan VP9 yang dianggap sebagai transitive verb (Pembahasan VP9 semoga bisa dibahas secepatnya) sehingga wajar jika beberapa kamus bahasa Inggris menganggap kata kerja dalam VP3B ini dikategorikan sebagai transitive verb.

Untuk itu, biar tidak penasaran mari kita lihat beberapa contoh VP3B ini pada tabel berikut:


Catatan 28

Berikut adalah kata kerja yang masuk dalam kategori VP3B (maksudnya, tidak ada pertentangan dengan VP9 dan VP10), susunan VP3B ini setelah diubah menjadi VP3A :

Nomor 2 : I agree with you about its being a mistake
Nomor 3 : He complained of being underpaid
Nomor 4 : He boasted of never having had a serious illness
Nomor 7 : Can you swear to his having been in your house that evening?
Nomor 9 : I'll answer for this man honesty
Nomor 11 : Everything depends on their having the courage of their convictions

Yang harus diingat adalah jika pada VP3A preposition tidak dihilangkan, sedang pada VP3B ini preposition dihilangkan dan object of prepositonnya diubah menjadi noun clause.


Hornby, AS. 1976. Guide to Patterns and Usage in English: 2nd Edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment