Social Icons

Thursday, February 20, 2014

Asking For Repetition, Gimana Sih?

Asking for repetition, apa sih? Jangan ribut, ini adalah materi speaking & conversation yang sangat mudah dipahami. Biasanya, materi percakapan bahasa Inggris ini diajarkan ketika sobat duduk di bangku sekolah menengah pertama.

"Asking for repetition" secara harfiah berarti meminta pengulangan. Jika dijabarkan lebih lanjut "Asking for repetition" bisa diartikan sebagai permintaan seseorang untuk mengulangi penjelasan atau jawaban dari orang lain. Meminta orang lain untuk mengulangi penjelasan atau jawaban bukan berarti kita tuli dan tidak mendengar apa yang diucapkan orang lain; akan tetapi "asking for repetition" lebih menekankan bahwa kita ingin mendengarkan jawaban atau penjelasan dengan lebih terang lagi.


Contoh Asking Repetition

Untuk memahami cara dan bagaimana contoh asking for repetition, mari kita baca dialog di bawah ini :

Rina : Hello Dewi. Look at my new purse. I made it by myself.
Dewi : Hello, Rina. Hey, that's nice. Isn't that your old purse? The one that we bought one year ago?
Rina : Yeah, that's right.
Dewi : How did you do that?
Rina : Sorry, What did you say?
Dewi : How did you do that, Rina?
Rina : Oh, well, first, I just added some colorful buttons. Then, four-five glittery beads. Finally, I gave my magic finishing touch, he.. he..

Lihat kalimat bergaris bawah di atas, Rina meminta Dewi untuk mengulangi ucapannya karena Rina merasa kurang mendengar apa yang diucapkan Dewi. Mudah bukan?

Dengan menggunakan ungkapan "Asking for Repetition", dialog bahasa inggris bisa menjadi lebih hidup. Tapi, jika kita sering menggunakan ungkapan ini, bisa-bisa kita dianggap tuli. Jadi, cobalah lebih jeli mendengarkan percakapan kawan kita. Gunakan jika memang kita tidak jelas mendengar percakapan orang lain saja, oke...

Banyak cara untuk meminta seseorang agar mengulang pernyataan / pertanyaannya. Dan berikut adalah beberapa ungkapan asking for repetition yang umum diucapkan oleh native speakers.



Ungkapan
Makna
Formal
Could you repeat again, please?
Would you be louder, please?
Sorry, what did you say?
Bisakah anda ulangi lagi?
Bisakah anda katakana lebih keras?
Maaf, apa yang tadi anda katakan?
I'm sorry, I couldn't understand you...
I'm sorry, I didn't get that...
I'm sorry, I didn't catch that....
What did you say?
Pardon?
What's that again?
Say that again?
What?
Huh?
Maaf, gue ga paham..
Maaf, ane ga paham…
Maaf, saya ga denger..
Apa kamu bilang?
Maaf?
Apa tadi?
Katakan lagi?
Apa?
Huh?

Sebenarnya masih banyak lagi cara mengungkapkan "asking for repetition" jika sobat memiliki banyak kosakata bahasa Inggris. Caranya, ya dengan menambahkan sedikit-sedikit apa yang sobat dengar. :)

Dengan contoh-contoh ungkapan "asking for repetition" di atas, apakah sobat masih mempunyai kendala menguasainya. Jika masih, berarti sobat perlu lebih intensif lagi berlatih percakapan dengan kawan sobat. Nanti jika sudah mahir, jangan sering-sering menggunakan ungkapan di atas, takut dianggap tuli :)
 

No comments:

Post a Comment