Social Icons

Tuesday, May 28, 2013

Buku Grammar Terbaik

Untuk mempelajari Grammar, selain guru grammar yang baik serta mupuni, kita juga butuh buku grammar yang baik sebagai referensi agar menjadi tempat bertanya saat kita membutuhkan keterangan yang kadang tidak bisa dijawab oleh guru kita. Untuk itu, sebelum mencari buku grammar yang baik, anda seharusnya bertanya dulu kepada para pakar bahasa tentang buku grammar apa sih yang baik dijadikan referensi grammar yang baik. Akan tetapi, jangankan bertanya, pakar bahasa saja kadang kita tidak kenal kan? Meskipun saya bukan seorang pakar bahasa, setidaknya lewat forum bahasa Inggris yang saya ikuti saya  mencoba  menawarkan beberapa buku grammar terbaik yang disebutkan dalam forum bahasa Inggris di dunia maya yang saya geluti.

Buku Grammar Terbaik yang Wajib Dibaca

Jika kita selalu mengandalkan Guru Bahasa Inggris kita yang notabenya native speaker Bahasa Indonesia, maka alangkah baiknya jika guru Bahasa Inggris kita mengajarkan Grammar dari buku Grammar Terbaik yang mereka miliki. Namun, benarkah Guru Bahasa Inggris memiliki Buku Grammar tersebut? Tentu samar-samar jawabannya. Maka dari itu, jika kita tidak mendapatkan referensi yang baik untuk belajar Grammar, maka berikut ini adalah Buku-buku grammar yang patut anda baca dan dijadikan referensi:

Randolph Quirk, S. Greenbaum, G. Leech and J. Svartvik.1972. A Grammar of Contemporary English. Longman.

Michael A.K Halliday and Christian M.I.M. Matthiessen. 2004. An Introduction to Functional Grammar. 3rd edt. Hodder Arnold.
Brazil, David. 1995. A Grammar of Speech. Oxford University Press

Quirk R and Greenbaum S. 1973. A University Grammar of English. Pearson Education.




Saya kira keempat buku diatas sudah cukup mewakili sebagai referensi buku grammar Bahasa Inggris Terbaik yang bisa kita cari, kita telaah dan kita pelajari serta kita praktikkan. Meskipun masih banyak buku grammar yang baik lainnya, namun memegang keempat buku tersebut sudah lebih dari cukup untuk bisa membuat kita memahami Grammar lebih jauh lagi. Apakah sobat sudah memilikinya????

Tambahan : (Baca : Buku Grammar Paling Sulit Dipahami)

Untuk melihat lebih banyak "buku bahasa inggris" lainnya bisa klik link di bawah ini:

Buku Bahasa Inggris


No comments:

Post a Comment