Social Icons

Friday, August 2, 2013

Teaching Reading - Tahap Awal

Teaching reading - Mengajarkan ‘Reading’ atau membaca teks bahasa Inggris memang butuh beberapa cara. Guru dituntut untuk mengetahui hal-hal yang perlu dalam pengajaran reading di dalam kelas. Nah disini saya akan berbagi tentang teknik mengajar reading untuk tahapan awal atau juga untuk siswa SD yang saya kutip dari Buku English Language Teaching karangan Dr. M.R. Patel dan Pravin M. Jain (2008: 116-117) berikut ini:
  1. The teacher should not insist on speed of reading but on the accuracy pronunciation while teaching reading.
  2. While teaching reading teacher should ask not more than one pupil to read at one time and he should pay attention to every student of class.
  3. While teaching reading the teacher should be very careful in pointing out and rectifying the mistakes of pronunciation, articulation and intonation of the pupil.
  4. While teaching reading the teacher should first try to find out the causes of mistakes committed by the students and then try to correct them by eradicating the cause of mistake.
  5. While teaching reading the teacher should be aware of the right sitting or standing posture for reading.

Pertama, saat mengajar reading, guru tidak boleh memaksa siswa untuk membaca cepat. Akan tetapi guru harus menekankan pada akurasi pelafalan (pronunciation).

Kedua, saat mengajar reading, guru harus meminta tidak lebih dari satu siswa untuk membaca pada saat yang bersamaan. Artinya, tidak baik mengajak lebih dari satu siswa untuk membaca bersama-sama. Selain itu guru juga harus memperhatikan setiap siswa di dalam kelas.

Ketiga, ketika mengajar reading, guru harus hati-hati dalam memberitahu dan meralat kesalahan dalam pelafalan atau pengucapan, artikulasi, dan intonasi siswa dalam membaca..

Keempat, saat mengajar reading, guru pertama-tama harus mencoba mengetahui sebab-sebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan mencoba meluruskan (membenarkan) kesalahan-kesalahan tersebut dengan menghil menghilangkan penyebab kesalahan tadi.

Kelima, ketika mengajar reading, guru harus peduli akan cara duduk yang benar dalam membaca.

Begitulah kira-kira 5 cara mengajarkan reading pada tahap awal, semoga semakin bisa kita mengajarkan reading semakin banyak murid kita yang hobi membaca dan bisa membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.. eitttt ko ga nyambung ya…. Semoga saja bermanfaat..

Referensi:

Patel, Dr. and Jain, M. Praveen. 2008. English Language Teaching: Methods, Tools, and Techniques. Jaipur: Sunrise Publishers and Distributors.

No comments:

Post a Comment