Social Icons

Friday, August 2, 2013

The Process of Reading - Proses dalam Membaca

Secara garis besar, proses dalam membacathe process of reading—dapat dibagi menjadi tiga tahapan. Berikut adalah tiga tahapan tersebut seperti yang diungkapkan oleh Dr. M.R. Patel dan Pravin M. Jain (2008: 114-116):

The first stage is 'the recognition stage'. At this stage the learner simply recognizes the graphic counterparts of the phonological items. For instance he recognizes the spoken words in its written form. Difficulty at this stage depends upon the difference between the script of the learner's mother tongue and English and between the spelling conventions of two languages.

Tahap pertama, yaitu tahap ‘pengenalan’. Pada tahap ini siswa cukup mengenali bagian yang berhubungan dengan item-item fonologi. Sebagai contoh, siswa mengenali/memahami bahasa lisan pada bentuk tulisan. Kesulitan dalam tahap ini tergantung perbedaan antara bahasa ibu siswa dengan bahasa Inggris dan antara kaidah pengejaan dua bahasa tersebut.

The second stage is the 'structuring stage.' The learner sees the syntactic relationship of the items and understands the structural meaning of the syntactical units.

Tahap kedua, yaitu tahap ‘penyusunan’. Pada tahap ini siswa mengerti hubungan sintaksis item-item (reading) dan memahami makna structural dari item-item sintaksis tersebut.
 
The Third stage is the 'interpretation stage'. This is the highest level in the process of reading. The learner comprehends the significance of a word, a phrase, or a sentence in the overall context of the discards. For instance, he comprehends the serious and jocular use of words, distinguishes between a statement of fact and a statement of opinion. It is this stage at which a person really reads for information or for pleasure.

Tahap ketiga, yaitu tahap ‘penafsiran’. Tahap ini adalah tahap tertinggi dalam proses membaca. Siswa memahami pentingnya sebuah kata, frase atau kalimat pada semua konteks yang tidak perlu. Sebagai contoh, siswa memahami penggunaan kata-kata yang serius dan kata-kata yang lucu. Ia dapat membedakan pernyataan fakta dan pernyataan pendapat. Di tahap inilah seorang benar-benar membaca untuk mendapatkan informasi ataupun membaca untuk sekedar menghibur diri.

Dengan melewati tiga proses tersebut diatas maka alangkah menyenangkannya jika reading alias membaca menjadi salah satu hobi kita. Khususnya membaca blog ini.. heehehehe.. piss..

Referensi:

Patel, Dr. and Jain, M. Praveen. 2008. English Language Teaching: Methods, Tools, and Techniques. Jaipur: Sunrise Publishers and Distributors.

No comments:

Post a Comment