Social Icons

Thursday, August 8, 2013

Transitive Verbs vs Intransitive Verbs : The Differences

Untuk memahami Grammar, verb (kata kerja) jelas adalah salah satu pokok bahasan yang wajib dipelajari dengan serius. Di antara jenis verb yang wajib diketahui tersebut, ada dua jenis verb yang sangat perlu dibahas dengan teliti, yaitu: Transitive Verbs dan Intransitive Verbs. Menurut Frank (1972: 49):
 A transitive verb takes a direct object (He is reading a book); an intransitive verb does not require an object (He is walking in the park). Only transitive verbs may be used in the passive voice. (The book was returned by him quickly). All linking verbs are intransitive.

Frank menjelaskan bahwa transitive verbs memiliki direct object; sedangkan intransitive verbs tidak membutuhkan objek. Lebih lanjut lagi, ia menerangkan bahwa HANYA transitive verb (kata kerja transitif) yang bisa digunakan dalam Passive Voice. Sedangkan semua linking verb itu termasuk kategori intransitive verb (kata kerja intransitif).

Dalam menerangkan tentang transitive verbs, Frank juga mengungkapkan bahwa transitive verbs bisa memiliki lebih dari satu objek.

Contoh:

Indirect Object dan direct object : He gave his wife a present
Direct Object dan Objective Complement : They elected Mr. Smith president

Menurut Frank, "Many verbs may be used either transitively (He was writing a letter) or intransitively (He was writing at the library)."

Oleh Karena itu, bagi yang belum terbiasa (apalagi yang belum mengerti) apakah suatu kata kerja (verb) itu transitive atau malah kata kerja itu intransitive, alangkah baiknya agar melihat di kamus monolingual bahasa Inggris yang baik. Biasanya, dalam kamus-kamus tersebut, transitive verb ditandakan dengan VN yang artinya verb terus diikuti oleh noun, VT yang artinya Verb Transitive; sedangkan untuk intransitive verb biasanya ditandakan hanya dengan V saja, yang artinya verb tersebut sendirian tidak diikuti oleh object apapun. Selain itu juga, kadang intransitive verb ditandakan dengan Vi. Untuk lebih jelasnya lihat keterangan yang ada di kamus-kamus tersebut.


Referensi:

Frank, Marcella. 1972. Modern English: A Practical Reference Guide. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Inc.

No comments:

Post a Comment