Social Icons

Thursday, August 8, 2013

Transitive Verbs Yang Tidak Bisa Digunakan dalam Kalimat Pasif

Umumnya, syarat pertama Passive Voice (dikenal dengan nama kalimat pasif) adalah kata kerjanya harus transitif (Transitive Verbs). Jika kata kerjanya intransitif (intransitive verbs) maka hal tersebut jarang sekali (bahkan tidak mungkin) terjadi. Namun ternyata ada beberapa Transitive Verbs yang tidak bisa digunakan dalam kalimat pasif. Nah berikut adalah kata kerja transitif (transitive verbs) yang tidak bisa digunakan dalam kalimat pasif yang diungkapkan oleh Frank (1972: 50):


A small class of verbs, called middle verbs, are transitive in that they take a formal object, but intransitive in that they cannot be used in the passive voice--among them are cost, have, last, resemble, weigh.

Sebagian kecil kata kerja, menurut Frank disebut dengan middle verbs, itu transitif karena mempunyai objek formal, tapi juga dikatakan sebagai kata kerja intransitif karena kata kerja tersebut tidak bisa digunakan dalam kalimat pasif (passive voice)--beberapa kata kerja tersebut diantaranya adalah: cost, have, last, resemble, weigh.

Contoh:

This book costs $8.00.
I have this book
Bob resembles his father
The war lasted five years.
She weighs 60 kilos.

Nah, contoh-contoh tersebut pasti rancu, aneh dan lucu jika dijadikan kalimat pasif bukan? Itu baru beberapa kata kerja saja, sebenarnya masih banyak kata kerja transitif yang tidak bisa digunakan dalam kalimat pasif. Yang paling mendasar, intinya seperti yang diungkapkan oleh Frank (masih pada buku dan halaman yang sama) ini:

The expressions after verbs like cost and weigh may also be considered adverbial expressions of quantity rather than as direct objects. (They are sometimes called adverbial objects).

Singkat padat semoga bermanfaat....... see you

No comments:

Post a Comment