Social Icons

Friday, March 21, 2014

Contoh Surat Referensi Kerja - Reference Letter

Ini hanya contoh surat referensi kerja, dalam bahasa Inggris disebut Employment Reference Letter. Surat referensi kerja dikenal juga sebagai surat rekomendasi telah bekerja. Biasanya, surat referensi kerja ditulis oleh perusahaan tempat anda pernah bekerja.

Artinya, anda telah resign dari perusahaan lama; dan sebagai bahan pertimbangan, anda meminta perusahaan tersebut membuatkan surat rekomendasi kepada perusahaan baru yang sedang anda lamar. Ya, meski tidak mutlak harus demikian...

Memang beginilah proses yang "formal" jika ingin bekerja di perusahaan baru. Dengan adanya surat referensi kerja, anda mendapatkan sedikit bantuan yang bisa membuat anda diterima di perusahaan baru. Oke, mari kita simak contohnya di bawah ini :

  1. Contoh Surat Referensi Kerja Bahasa Inggris
  2. Contoh Surat Referensi Kerja (Bahasa Indonesia)


CONTOH SURAT REFERENSI KERJA BAHASA INGGRIS

Aufa Najda Zainaby
Office Manager
PT. Gudang Laptop
Perjuangan Street 33
Cirebon, West Java  45132

March 21, 2012

Danu Wildan
Manager
PT. Laptop Highend
Merdeka Street 12
Pasar Minggu, Jakarta 12520

Dear Danu Wildan

It is with great pleasure that I recommend Annisa Dinia for a candidate for a position in your organization. I have known her for twelve years since she worked as a Staff Assistant in our office from 1998 to 2011.

Annisa has always displayed a high degree of integrity and responsibility. She is definitely a hard worker who can handle any administrative problems. In addition to her excellent scholastic accomplishments, she is a most dependable worker.

Annisa would be an asset to any organization, and I am happy to give her my wholehearted endorsement.

Sincerely,


Aufa Najda Zainaby
Office Manager


CONTOH SURAT REFERENSI KERJA

Aufa Najda Zainaby
Office Manager
PT. Gudang Laptop
Jalan Perjuangan No. 33
Cirebon, Jawa Barat 45132

21 Maret 2012

Danu Wildan
Manager
PT. Laptop Highend
Jalan Merdeka No. 12
 Pasar Minggu, Jakarta 12520

Yang terhormat, Bapak Danu Wildan

Saya sangat senang bahwa saya bisa merekomendasikan Annisa Dinia sebagai calon pekerja di perusahaan anda. Saya telah mengenalnya selama 12 tahun karena ia sudah bekerja sebagai Staff Asisten di kantor kami sejak tahun 1998 - 2011.

Annisa selalu menunjukkan derjat integritas dan tanggung jawab yang tinggi. Ia benar-benar pekerja keras yang bisa mengatasi berbagai permasalah administratif. Selain pencapaian akademik yang sangat baik, ia juga pekerja yang paling dapat dipercaya.

Annisa akan menjadi modal berharga bagi perusahaan manapun, dan saya sangat senang bisa memberikan dukungan kepada Annisa dengan sepenuh hati.

Hormat saya,

 
Aufa Najda Zainaby
Office Manager


surat refensi kerja, contoh surat referensi kerjaFormat setiap perusahaan mungkin berbeda-beda, namun tujuan sama; sama-sama mendukung si pelamar kerja diterima sebagai salah satu karyawan di perusahaan.

Mungkin cukup sampai saat ini contoh surat referensi kerja kali ini, kapan-kapan bisa dilanjut lagi.. Jika ada kekurangan, silahkan dikoreksi.

Referensi :

Ann Poe, McGraw-Hill 'Handbook of More Business Letters'. 

Oia, surat referensi kerja tidak akan efektif jika sobat menulis Curriculum Vitae-nya tidak sesuai. Oleh karena itu mari kita baca contoh cv yuk..

No comments:

Post a Comment