Social Icons

Thursday, December 26, 2013

Phrasal Verb - Ringkasan Materi

Lama sekali tidak menulis artikel grammar bahasa Inggris. Untuk itu sekedar pembukaan sekarang saatnya kita membahas mengenai Phrasal Verb, oke?

Pertama, jangan samakan antara phrasal verb dengan verb phrase. Jika verb phrase adalah frasa yang memiliki kata utama sebuah verb (kata kerja), maka berbeda dengan phrasal verb. Untuk lebih jelas tentang apa itu phrasal verb dan beberapa hal mengenai phrasal verb, kita awali saja dengan definisi phrasal verb.

Definisi phrasal verb dapat kita simak dari pendapat McCarthy dan O’Dell (2007: 6) di bawah ini :

Phrasal verbs are verbs that consist of a verb and a particle (a preposition or adverb) or a verb and two particles (an adverb and a preposition).

Menurut mereka, Phrasal Verb adalah kata kerja yang berisikan sebuah kata kerja dan sebuah partikel. Bisa juga phrasal verb mengandung sebuah kata kerja dan dua buah partikel. Partikel disini bisa berupa preposition (kata depan) ataupun adverb (kata keterangan).

Sementara itu, Wyatt (2006: 3) menjelaskan tentang definisi phrasal verb seperti di bawah ini:
 
A phrasal verb is a verb formed from two (or sometimes three) parts: a verb and an adverb or preposition. These adverbs and prepositions are often called particles when they are used in a phrasal verb.

Phrasal verb adalah sebuah kata kerja yang terbentuk dari dua (atau kadang tiga) bagian: sebuah verb dan adverb atau preposition. Adverb (kata keterangan) dan preposition (kata depan) ini sering disebut dengan particle saat digunakan dalam phrasal verb.

Contoh:
  • Look For (Look = kata kerja, for = preposition)
  • Wait For  (Wait = kata kerja, for = preposition)
  • Stand Up (Stand = kata kerja, up = adverbial particle)
  • Look Forward to (Look = kata kerja, forward = adverb, to = prepositon)

Bisa dipahami bukan, jika ada kata kerja diikuti dengan adverbial particles/preposition maka biasanya frasa tersebut disebut Phrasal verb.

Phrasal verb juga mendominasi beberapa ungkapan bahasa inggris atau idiom karena biasanya setiap ungkapan / idiom berupa phrasal verb. Meski kadang phrasal verb tersebut berubah istilah menjadi idiom.

Mengapa Phrasal Verb itu Penting Diketahui

 
Lebih lanjut McCharty dan O'Dell menjelaskan tentang pentingnya mempelajari phrasal verb dengan mengungkapkan:

Phrasal verbs are extremely common in English. They are found in a wide variety of contexts. Phrasal verbs are common in less formal English but you will also hear or see and need to use them in more formal contexts.
Menurut mereka, phrasal verb sangatlah umum digunakan dalam bahasa Inggris. Hampir di setiap konteks ada phrasal verb. Phrasal verb juga sangat umum digunakan dalam bahasa Inggris informal (baca: definisi dan jenis bahasa Inggris infrormal)

Referensi:

McCarthy, Michael dan O’Dell, Felicity. 2007. English Phrasal Verbs in Use. Cambridge University Press.

No comments:

Post a Comment